Sate Nusantara Paling Favorit dan Menggugah Selera

Sate Nusantara Paling Favorit

Salah satu makanan favorit yang mudah ditemukan di seluruh pelosok negeri adalah sate, yang kerap disebut sebagai sate Nusantara. Sebab, setiap daerah memiliki sate dengan ciri khasnya masing-masing. Mau tau apa saja sate yang terkenal di Indonesia, berikut ulasannya.

Nikmati Aneka Sate Nusantara yang Lezat

Sate khas dari Indonesia berdasarkan survei World’s 50 Most Delicious Foods masuk ke dalam 50 makanan terlezat di dunia dan berhasil menduduki peringkat ke-14.

Ada berbagai macam jenis sate yang terbuat dari potongan daging sapi, kelinci, ayam, kambing, domba, dan lain-lain. Beberapa jenis sate yang paling populer dan terkenal dengan kelezatannya diantaranya adalah:

Sate Lilit Bali

Sate pertama yang populer di kalangan wisatawan domestik dan mancanegara adalah sate lilit yang berasal dari Pulau Dewata, Bali. Umumnya, sate ini terbuat dari daging ayam, babi, kambing, atau ikan.

Namun, yang paling menonjol adalah sate lilit dengan bahan utama ikan. Daging ikan yang telah dihaluskan dicampur dengan parutan kelapa, jeruk nipis, santan, dan rempah lainnya yang kemudian dililitkan ke batang sereh.

Sate Madura, Sate Nusantara Paling Favorit

Jenis satu kedua khas dari Indonesia yang kerap dijumpai di berbagai wilayah adalah sate Madura. Umumnya, sate Madura ini terbuat dari bahan utama berupa daging ayam atau kambing.

Bahan lain yang digunakan terdiri dari kecap manis, gula Jawa, bawang putih, bawang goreng, petis, kemiri, garam, dan kacang tanah goreng yang dihaluskan.

Untuk penyajiannya, sate Madura ini dihidangkan dengan bumbu kacang yang dicampur dengan kecap manis dan ditambah dengan irisan bawang merah serta cabe rawit.

Sate Padang

Sumatera Barat juga memiliki kuliner khas sate dari Padang. Umumnya, sate Padang ini terbuat dari jeroan sapi, lidah, dan daging sapi yang diberi bumbu lalu ditusuk ke potongan bambu sebelum dibakar.

Penyajian sate Padang ini dihidangkan bersama dengan kuah kental yang berwarna kuning bersama dengan keripik balado khas Padang yang memiliki citarasa gurih dan pedas.

Sate Makassar

Kuliner berikutnya yang wajib Anda coba adalah sate Makassar yang cara penyajiannya cukup berbeda jika dibandingkan dengan jenis sate Nusantara lainnya.

Yaitu dihidangkan bersama dengan pallubasa (semacam sop daging yang berisi jeroan sapi dan bahan lainnya). Tidak hanya itu, sate Makassar ini juga dimakan bersama dengan gogos (terbuat dari ketan), bukan nasi atau lontong.

Namun, ada juga warung sate Makassar yang menyediakan lontong bagi penikmat sate yang tidak terbiasa makan gogos. Untuk varian sate Makassar ini terdiri dari sate daging sapi, satu usus sapi, sate hati sapi, dan lain sebagainya.

Itulah berbagai jenis sate di Indonesia yang cukup populer dan menjadi favoritnya para penikmat kuliner sate.

Masih banyak jenis sate Nusantara lainnya dengan berbagai macam variasi bumbu yang bisa Anda coba. Sate dari daerah mana yang paling mudah dijumpai di daerah Anda?

Author: Vand